MARDUK - Asian Black Death Redemption 2010

09 Desember 2010 ( Manis Galungan Day)

Aku datang sampai di Akasaka sudah gelap, kira2 pukul 19.00, ternyata acara masih belum dimulai. Di depan aku melihat ada beberapa rekan2 Metal yg sudah pada kumpul-kumpul masih belum banyak, dan aku lihat ada yg jualan kaos metal juga nich... akhirnya ku samperin jg tuh penjual kaos... eh ternyata teman dari Surabaya, yg jualin kaosnya HR Production (salah satu pioner spesialis kaos metal sejat th 90-an). Setelah ngobrol sana ngobrol sini, ternyata aku baru tau kalo DRY (band black metal tertua dari surabaya) juga main di Akasaka malam itu. Wah, berarti aku bisa reuni-an nih, lama juga nggak pernah ketemu teman2 lama di Surabaya dulu.



Singkat cerita, setelah ngopi di warung depan pom bensin, aku balik ke Akasaka dan ternyata acara sudah mulai (kira2 pukul 19:30), cepat2 aku masuk ke club, aaahhh... sayang sekali BELZEBUTH sudah selesai main, di venue sudah ada personel DRY yg sedang mempersiapkan peralatan perangnya...yang bikin terkejut adalah... suara MC acara ini... sangat familiar sekali... kalo nggak salah yg jd MC di event kali ini adalah seorang penyiar yg baru saja habis di PHK berhubung tempat siarannya lagi tutup usia... wah siapa yach?!?! Hell yeah.. siapa lagi kalo bukan si Dick Bleedingsouls, si penyiar nggak jelas ini, sangat informatif dengan membantu pemirsa metal di acara ini dengan informasi2 uptodate tetang band2 yang main di acara Asian Black Daeth Redemption 2010 ini, saludos!!

DRY - Surabaya Black Metal
Back to DRY, saat ini sudah beberapa kali berganti formasi, yang asli tinggal si Eric Morgan sang guitaris dan leader di band ini, dan yg lainnya... eh.. sori aku lupa nanyain.. he.he... OK.. langsung ke performence DRY... permainan mereka KEREN... warna Dissection terasa kental di sound dan lagu mereka... cuma sayangnya (krn aku terbiasa nonton DRY formasi lama) terasa di drum masih kurang greget, aku mendengar drum masih kurang stabil temponya, beda banget saat si Mbah Gugus masih berada di belakang drum, tetapi yang jelas DRY memang patut di nobatkan sebagai The Best Surabaya Black Metal... aaarrrrgggghhh.... !! Back to stage... walaupun minim penonton tidak menurunkan semangat DRY untuk memuntahkan teriakan2 kegelapannya... hell yeah... kurang lebih (kalo nggak salah) ada 5 lagu yg full fast black metal dengan full melodi di bawakan oleh mereka.

DURHAKA - Balinese Black Metal
Next, setelah DRY sekarang giliran band Black Metal tua dari Tanjung Benoa, DURHAKA, yang mendapat giliran Menghitamkan stage di Akasaka. Tetapi berhubung ketemu temen lama lagi, Henry, gitarisnya Venduzor dari Surabaya, terpaksa tidak melihat penampilan DURHAKA di awal-awal lagu mereka, setelah puas temu kangen, aku kembali ke dalam club untuk melihat penampilan anak-anak DURHAKA, dibandingkan dengan yg aku lihat di BEMF 2010 lalu, penampilan kali ini jauh lebih PERFECT, dengan membawakan lagu2 dari album terbaru mereka sanggup membuat suasana mencekap di dalam club, full total black metal dengan nuansa melodik dan etnik bali memenuhi lagu-lagu mereka. Nilai 100 untuk DURHAKA \m/

WARSAW - (Singapore Black Death Metal)
Next, WARSAW, band Black Death Metal dari Singapore, tidak banyak informasi yg aku tahu ttg band ini, apa mungkin krs aku kuper yach?!? Yg aku tau si Hans (bass) ini adalah seorang Multi-Instrumentalis yg banyak main di banyak band. Langsung menggempur dengan tempo2 cepat ciri khas black death, si Hans yg sangat komunikatif dengan penonton untuk mengundang penonton yg duduk santai utk merapat ke depan stage... tp sayang di cuekin.. he.. he.. he.. tp WARSAW sih go to hell aja... menghajar terus dengan tembang2 mereka... aaarrrrggghh....

ETERNAL MADNESS - (Balinese Brutal Death)
Puas menonton WARSAW, aku kembali keluar venue utk cari angin segar.... pikirku.. siapa atau ada cewek2 Akasaka yg seliweran... lumayan bisa cuci mata... xixixixixixi... selanjutnya... ETERNAL MADNESS band TUA yang masih tetap EKSIS... lagi2 aku nggak sempet lihat penampilan awal mereka, setelah lagu ke-3 aku baru kembali ke venue, eh ternyata ini toh formasi terbaru ETERNAL MADNESS... selain si frontman MOEL (bass/voc) ada juga dedengkok metal lawas Bali yang menjadi guitaris EM, yaitu Hendra Lombardo. Sudah sekian lama aku nggak pernah melihat aksi panggung EM, ternyata ETERNAL MADNESS emang semakin Madness aja, TOTAL BRUTAL dengan melodi-melodi ETHNIC BALI yang memang menjadi Ciri Khas EM selalu mengisi setiap lagunya.... SALUDOS BUAT MOEL!!!

Nah... akhirnya.. yg terakhir... the lord MARDUK hadir.... berhubung sore mereka tidak sempat cek sound (mereka nggak mau cek sound krn kecapekan setelah malam sebelumnya menghajar Makasar) jadi terpaksa pemirsa Metal harus menunggu dengan sabar. Setelah menunggu lebih dari 20 menitan, personil MARDUK kembali ke belakang panggung, untuk.. ya untuk apa lagi kalo bukan untuk menghiasi wajah-wajah tampan mereka dengan Corpse Paint.. tidak lama setelah itu... intro mulai terdengar... one by one mereka muncul diatas stage.... uff... berhubung pingin kencing... aku cepat2 ke toilet... takut ketinggalan first performent lagi.... xixixixixixixi

MARDUK, band Swedia Black Metal ini sudah berdiri sejak 1990 merupakan salah satu Pioneer Black Metal yang masih Eksis sampai saat ini, mereka sudah beberapa kali berganti personil dan yang datang ke Indonesia adalah formasi terakhir mereka :
  • Morgan "Evil" Steinmeyer HÃ¥kansson - Guitar
  • Daniel "Mortuus" Rosten - Vocals
  • Magnus "Devo" Andersson - Bass
  • Lars Broddesson - Drums

Performent mereka sudah tidak bisa diragukan lagi KEREN HABIS... didukung oleh Sound yang Mantap (saludos buat panitia), mereka tampil dengan sangat PERFECT, susah di gambarkan dengan kata-kata... pokoknya yang nonton pasti PUAS... aku sampai-sampai sangat terlena melihat penampilan MARDUK, lihat aja beberapa photo bereka dibawah ini:

The Lord of MARDUK
(Swedia Black Metal)
The Lord of MARDUK
(Swedia Black Metal)
The Lord of MARDUK
(Swedia Black Metal)
The Lord of MARDUK
(Swedia Black Metal)

Kalo nggak salah, ini adalah listing lagu2 yg mereka bawakan kemarin:

  1. Into Utter Madness
  2. 502
  3. The Levelling Dust
  4. ...Throne of RatsThe Black
  5. Phosphorous Redeemer
  6. The Sun Has Failed
  7. Materialized In Stone
  8. Panzer Division Marduk
  9. Bleached Bones
  10. With Satan And Victorious Weapons
  11. Wolves
  12. Baptism By Fire

(itu kalo nggak salah yach)

Penampilan MARDUK malam kemarin terasa sangat cepat sekali, karena mereka tidak banyak basa-basi, dan terakhir tanpa basa basi juga mereka cuma bilang Thanks You lalu menghilang di balik panggung, padahal penonton dah memanggil2 minta tambah lagu... eeehhh... udah ditunggu2 nggak keluar juga.. yach akhirnya bubar dah....

Sungguh... ini adalah pengalaman ke-2 yang sangat berkesan setelah DYING FETUS beberapa waktu yang lalu, semoga even2 yg menghadirkan band2 Metal Luar bisa hadir kembali di Bali. Harga tiket yg 95ribu (dapet CD compilasi) tidak seberapa dibandingkan kepuasan aku menonton MARDUK!!

Cuma, kenapa yach?!? Event yang sangat jarang seperti ini bisa sepi penonton?!?!?!?
Jawabannya ada pada diri anda sendiri......

Denpasar, 10 Desember 2010
With full of Metal Lover
~~~ BrutalSICK ~~~

Komentar

Postingan Populer